Archive for November 2012
Tugas SIA 3
By : reitza haikal
A. KRISHAND
Software Krishand PPN 1107, Krishand Withholding Tax, Krishand PPh 21,
Krishand Payroll, Krishand General Ledger. Software Krishand PPN 1107 /
Withholding Tax / Krishand PPh 21 merupakan software database yang
membantu Anda di dalam mempersiapkan formulir-formulir pajak. Dengan
menggunakan software ini, persiapan pelaporan pajak Anda menjadi praktis
dan efisien tanpa perlu dipusingkan oleh masalah-masalah seperti salah
hitung, salah ketik ataupun kesalahan sepele lainnya. Software Krishand
bukan hanya sekedar software pelaporan pajak, tetapi memberikan nilai
lebih dari itu. Banyak laporan internal yang disediakan untuk membantu
Anda menganalisa data yang telah diinput. Untuk membantu Anda melakukan
pekerjaan seminimal mungkin, software Krishand dapat dimodifikasi untuk
disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda seperti setting print out
pada blanko SSP atau Faktur Pajak, impor data penjualan untuk pembuatan
Faktur Pajak secara otomatis, impor data Faktur Pajak Keluaran maupun
Masukan dari file Excel, impor data PPh untuk pembuatan Bukti
KELEBIHANNYA :
1. | Cepat dan Akurat |
Dengan software Krishand, persiapan pelaporan pajak Anda akan terhindar dari kesalahan seperti salah ketik, salah hitung, dsbnya, yang sering terjadi jika dilakukan secara manual.. | |
2. | Praktis |
Dapat mencetak langsung formulir pajak (yang telah disesuaikan dengan ketentuan dari kantor pajak) tanpa harus menggunakan blanko formulir pajak. | |
3. | Review setiap saat |
Memungkinkan untuk mereview dan menampilkan kembali berkas-berkas pajak yang lama tanpa harus mengutak-atik ataupun mencari-cari arsip fisik berkas. | |
4. | Up to Date |
Semua formulir perpajakan yang tersedia dalam aplikasi merupakan formulir terbaru yang sesuai dengan peraturan perpajakan terakhir. | |
5. | Membuat kerja lebih efektif, efisien dan hemat waktu. |
KEKURANGANNYA :
1. Tidak tahu bagaimana caranya memulai mengembangkan OSS.
2. Model bisnis yang tidak mengikuti pola bisnis software proprietary.
3. Kepemilikan yang tidak jelas sehingga cenderung berlawanan (
anti-thesis ) dengan pola IPR ( Intellectual property Right ) yang juga
sedang digalakkan oleh pemerintah dalam penelitian yang didanai selama
ini.
4. Tidak adanya dukungan komersial.
5. Terlalu banyak variasi dari OSS.6.
6. Usabilitas yang masih kurang baik.
7. Terbatasnya sumber daya manusia, aplikasi dan komitmen terhadap OSS.
B. ACCURATE V3 Standard
Software akuntansi dengan modul Account Payable, Account Receivable,
Inventory, dan General Ledger yang terintegrasi. Dalam versi Standard,
kami memberikan 2 (dua) license. Artinya, 2 user/client bisa menginput
ke dalam 1 (satu) database dalam waktu yang bersamaan. Ada banyak fitur
yang tersedia di Accurate 3. Fitur besar yang terdapat di versi ini
adalah:
1. Pajak masukan di modul pembelian (Purchase order dan Purchase Invoice)
2. Harga satuan yang termasuk pajak (Inclusive Tax) di semua form yang ada hubungan dengan pajak (PPN).
3. Template untuk semua form dengan designer yang lebih mudah dan field-field yang lebih lengkap
4. Ongkos kirim (Freight) untuk modul pembelian dan penjualan
5. Sepuluh buah custom field yang tersedia di semua form yang berhubungan dengan item.
6. Perhitungan komisi Saleman yang lebih lengkap.
7. Penambahan modul Rekonsiliasi Bank.
Selain fitur-fitur besar di atas, berikut perincian penambahan / perbaikan fitur yang telah dilakukan di versi 3:
KELEBIHANNYA :
1. Customer & Vendor
- Bisa mengisi Saldo awal lebih dari 1 invoice.
2. Purchase Order
- Ada penambahan field Terms, dan FOB
3. Purchase Invoice
- Terdapat field Fiscal Rate untuk pembelian mata uang asing dengan PPN.
4. Receive Item
- Tidak menjurnal ke Hutang dagang lagi, namun ke: Barang yang belum ditagih (Unbilled goods).
5. Purchase Return (d/h: Debit Memo)
- Nilai retur bisa memasukkan nilai Tax, Freight dan Discount dari Purchase Invoice.
6. Vendor Payment (d/h: Make Payment)
- Setiap form ada nomor urutnya agar mempermudah pengarsipan.
7. Sales Order
- Ditambahkan field Salesman
8. Sales Invoice / Delivery Order
- Item service dari SO bisa diproses lebih dari 1 Sales Invoice
KEKURANGANNYA :
1. Single login. Hanya bisa login menggunakan user supervisor.
2. Membuka database dari local PC, tidak bisa membuka database dari lokasi remote.
3. OEM license, tidak bisa dimigrasikan atau dipindah ke komputer lain.
4. Tidak untuk pemakaian multiple user, tidak diperbolehkan menambah license.
5. Tidak mendapat diskon untuk major upgrade atau trade-in.
C. K-SYSTEM INDONESIA
K-System adalah
program terpadu operasional dan akuntansi yang di design khusus untuk
kondisi Indonesia. Banyak perusahaan ingin melakukan komputerisasi
karena dapat mempercepat operasional dan mempermudah kontrol. Data cukup
diisi 1x dibagian operasional, faktur dicetak dari komputer dan proses
pembukuan selanjutnya secara otomatis dikerjakan oleh komputer. Laporan
yang dibutuhkanpun tersedia setiap saat.
KELEBIHANNYA :
K-System memberi
pilihan untuk anda yang akan melakukan komputerisasi karena K-System
adalah program yang sudah baku, lengkap, teruji, integrated dan
sepenuhnya ditulis dalam bahasa Indonesia dan banyak pendukungnya.
K-System berjalan di Linux & Windows. Saat ini K-System sedang
dikembangkan ke Web Based.
KEKURANGANNYA :
1. Untuk keamanan dan purna jual yang terjamin K-System tidak dijual tetapi hanya disewakan dan biaya sewa sudah termasuk penyesuaian program & laporan.
2. Bagi
perusahaan kecil, K-System single user diberikan secara cuma2 dan dapat
pakai sepenuhnya di perusahaan, dan bagi Perusahaan menengah dan besar
K-System single user ini bisa sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan
komputerisasi di Perusahaan.
3. Sayangnya komputerisasi bukanlan hal yang mudah. Tidak semua program sudah lengkap, integrated, teruji dan banyak pendukungnya. Source program juga tidak diserahkan sehingga program susah untuk disesuiakan sesuai dengan keinginan perusahaan.
D. SAGE ACCPAC ERP
Adalah sebuah sistem akuntansi yang dikembangkan dengan arsitektur kelas
dunia dan telah memenangkan berbagai penghargaan. Didesain untuk
memenuhi kebutuhan perusahaan baik besar maupun kecil, Sage Accpac ERP
dapat dijalankan dengan menggunakan berbagai pilihan database. Sage
Accpac ERP memenuhi kebutuhan perusahaan akan suatu aplikasi manajemen
bisnis end-to-end yang
terintegrasi penuh. Sage Accpac ERP memberikan fungsionalitas kerja
yang lebih baik dengan kinerja yang tinggi dan kebebasan pilihan bagi
penggunanya.
KELEBIHANNYA :
- Efisien dan mudah digunakan
- Kemampuan reporting yang kompeten
- Dapat disesuaikan dengan ukuran dan kebutuhan perusahaan. Dengan tiga edisi (ERP100, ERP200, dan ERP500)
- Terintegrasi penuh
- Support Windows dan Linux
- Kombinasi desktop base dan web base
Sage Accpac ERP mempunyai dua modul utama yang saling terintegrasi penuh, yaituFinancial Modules dan Operational Modules.
Modul-modul finansial memenuhi kebutuhan aplikasi akuntansi perusahaan. Modul-modul finansial Sage Accpac ERP menyediakan interface yang user friendly untuk
menjalankan kegiatan akuntansi dan keuangan perusahaan dan memberikan
solusi yang utuh untuk berbagai jenis bidang usaha. Modul-modul
finansial meliputi:
- General Ledger, Accounts Payable, Accounts Receivable
Modul-modul operasional menyediakan suatu sistem yang user friendly untuk menjalankan kegiatan logistik dan distribusi perusahaan sehari-hari. Modul-modul operasional meliputi:
- Order Entry / Sales Order, Purchase Order, Inventory Control
KEKURANGANNYA :
1. Hanya 1(satu) tipe dari database yang dapat digunakan untuk satu
waktu. Jika digunakan untuk Btrieve dan kemudian untuk MSSQL, report
sudah harus diganti.
2. Sering kali menghabiskan waktu untuk perbaikan data.
3. Sumber data ODBC harus dikonfigurasikan dengan tepat.
4. Masalah hubungan/connectivity kemungkinan lebih sulit.
E. MYOB ACCOUNTING 17
MYOB (Mind Your Own Business) Accounting merupakan software olah data
akuntansi secara terpadu (integrated software), yaitu proses pencatatan
data transaksi akuntansi dilakukan dengan cara mengentri data transaksi
melalui media formulir yang terdapat dalam command centre, kemudian
program MYOB akan memproses secara otomatis, cepat, tepat, dan terpadu
ke dalam seluruh catatan akuntansi dan berakhir dengan laporan keuangan.
MYOB Accounting dapat diterapkan pada berbagai jenis perusahaan, baik
bidang jasa, dagang (retail) maupun industri (pengolahan), dan pertanian
serta usaha-usaha yang lain.
Software ini dibuat oleh MYOB Limited Australia dan sudah dipakai di berbagai Negara, baik di Eropa, Amerika, Kanada, dan Asia. Saat ini sudah hadir MYOB Accounting versi 17. MYOB Accounting memiliki berbagai kelebihan di antaranya:
Software ini dibuat oleh MYOB Limited Australia dan sudah dipakai di berbagai Negara, baik di Eropa, Amerika, Kanada, dan Asia. Saat ini sudah hadir MYOB Accounting versi 17. MYOB Accounting memiliki berbagai kelebihan di antaranya:
KELEBIHANNYA :
5. User friendly (mudah digunakan), bahkan oleh orang awam yang tidak mempunyai pengetahuan mendasar tentang akuntansi.
6. Tingkat keamanan yang cukup valid untuk setiap user.
7. Kemampuan eksplorasi semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses ekspor/impor file yang merepotkan.
8. Kemampuan trash back semua laporan ke sumber dokumen dan sumber transaksi.
9. Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasikan.
10. Menampilkan laporan keuangan komparasi (perbandingan) serta menampilkan analisis laporan dalam bentuk grafik.
11. Mudah dipahami dan digunakan, sehingga bisa diajarkan kepada siswa
SMK/SMA dan mahasiswa, maupun dipelajari oleh user secara mandiri untuk
aplikasi langsung dalam pengelolaan perusahaan.
12. Bisa diterapkan untuk jenis usaha yang ada di Indonesia, baik untuk skala kecil, menengah, dan besar
KEKURANGANNYA :
1. Tidak ada module fixed assets, sehingga apabila perusahaan
memerlukan modul untuk mengelola assets yang dimiliki maka harus membeli
add on lagi
2. Tidak ada module Intercompany Reporting, sehingga apabila
perusahaan memerlukan modul untuk membuat laporan keuangan konsolidasi
maka harus membeli add on lagi
3. Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
4. Tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi
company, artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat
dengan menggunakan MYOB.
5. database MYOB merupakan file based sehingga kurang optimal jika
digunakan untuk transaksi yang besar dan kompleks. Isu terbaru MYOB akan
menggunakan server-based untuk databasenya sehingga optimalisasi
pengolahan data lebih realistis.
Tugas Sistem Informasi Akuntansi 2
By : reitza haikal
Tema: Pengantar E Bisnis
[NPM: GANJIL - 34110785]
1.
Pengertian e-bisnis adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara
otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan menggunakan teknologi
elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan
dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih
efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan
dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan
dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
2.
-.B2C (Business to Consumers). Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara individu dan organisasi.
-.B2B (Business to Business). Interaksi yang dimungkinkan oleh teknologi antara organisasi dengan organisasi (antar organisasi).
-.C2C
(Consumer-to-consumer). Interaksi dimana konsumen menjual produk secara
langsung kepada konsumen lainnya. Biasanya individu mengiklankan
produk, jasa, pengetahuan, maupun keahliannya disalah satu situs lelang
atau classified ads. Contohnya meliputi www.bekas.com dan
www.classified2000.com.
-.C2B
(Consumer-to-business). Interaksi yang meliputi individu yang menjual
produk atau jasa kepada organisasi, serta individu yang mencari penjual,
berinteraksi dengan penjual tersebut, dan melakukan transaksi.
-.Non-business
electronic commerce, terdiri atas institusi non bisnis seperti lembaga
pendidikan, organisasi nirlaba, organisasi keagamaan, organisasi sosial,
dan instansi pemerintah. Contohnya, www.bappenas.go.id, www.bps.go.id,
www.komnas.go.id, www.bppt.go.id. Umumnya organisasi non bisnis
menggunakan berbagai tipe e-commerce atau e-business untuk keperluan
menekan biaya atau meningkatkan layanan pelanggan dan operasi.
-.Intrabusiness
(organizational) electronic commerce meliputi semua aktivitas internal
organisasi yang biasanya dilakukan melalui internet dan meliputi
pertukaran barang, jasa atau informasi.
3.
• Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online yang biayanya lebih murah.
Dalam
hal ini para produsen dapat memperkenalkan produknya kepada masyarakat
di seluruh dunia dengan biaya lebih murah karna hanya membayar jasa
penyedia layanan internet dan juga jasa pembuatan web aplikasi
e-commerce .
• Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat, pencetakan, report, dan sebagainya.
Dengan
melakukan pengiklanan secara online berati kita tidak menggunakan media
kertas karena kita melakukan dengan media elektronik
• Mengurangi keterlambatan dengan menggunakan transfer elektronik/pembayaran yang tepat waktu dan dapat langsung dicek.
Karena
menggunakan aplikasi yang tersedia dalam web e-commerce yaitu
menggunakan pembayaran langsung dari rekening bank dari tabungan anda di
bank. Jadi anda tidak perlu menggunkan uang tunai untuk melakukan
pembayaran
4.
-. Produk yang menarik & harga yang kompetitif.
-. Cepat, dan pengiriman barang dengan segera.
-. Web yang menarik untuk berbelanja dan fitur-fitur berbelanja.
-. Keamanan & pengiriman barang yang dapat dipercaya.
5.
-Pengendalian akses:
Software
ini berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan hubungan
antar-berbagai peralatan; secara otomatis memutar dan menjawab telepon;
membatasi akses hanya pada para pemakai yang berwenang; serta membuat
parameter seperti: kecepatan, mode, dan arah pengiriman.
-Pengelolaan jaringan:
Pada
software ini berfungsi untuk mengumpulkan data untuk memeriksa kesiapan
peralatan jaringan untuk mengirim atau menerima data; membuat aturan
antri untuk masukan dan keluaran; menetapkan prioritas dalam
sistem,mengirimkan pesan; dan mencatat aktivita, penggunaan, dan
kesalahan dalam jaringan.
-Pengiriman data dan file:
Software ini berfungsi untuk mengontrol pengiriman data, file dan pesan-pesan diantara berbagai peralatan.
Pendeteksi dan pengendalian atas kesalahan
Software ini berfungsi untuk memastikan bahwa data yang dikirim benar-benar merupakan data yang diterima.
-Keamanan data:
Software ini berfungsi untuk melindungi data selama pengiriman dari akses pihak yang tidak berwenang.
dll.
6.
-Merintis usaha baru, misalnya membuka toko, membangun pabrik, dan lain sebagainya.
-Mengembangkan usaha yang sudah ada, misalnya menambah kapasitas pabrik, memperluas skala usaha, dan sebagainya.
-Memilih jenis usaha atau investasi yang paling menguntungkan, misalnya pilihan usaha dagang, perakitan, dan sebagainya.
7.
Analisa Produk, yang terdiri dari:
-Service Hardware
-Software
-Aksesoris Komputer
Lalu keunggulan produk disebarkan melalui:
-Konsultasi
-email
Kemudian melakukan:
-Analisa Pasar
-Analisa Porduksi dan Operasi
-Analisa Pelanggan
-Analisa tempat
-Analisa para pesaing
dan dilaporkan dengan laporan seperti jurnal,neraca dan sebagainya.
dan sebagainya.
Terima kasih.
Sumber:
- http://ewawan.com/pengertian-e-business-atau-definisi-e-business.html
- http://ewawan.com/pengertian-e-commerce-definisi-e-commerce.html