musim dingin

Popular Post

Posted by : reitza haikal Saturday, April 26, 2014

Winter in JapanSama dengan negara-negara 4 musim lainnya ketika musim dingin, musim dingin di Jepang sangatlah indah, terlebih lagi apabila turun salju dan menutupi jalan raya dan pepohonan. Keadaan musim dingin di Jepang tiap daerah mungkin berbeda, hal ini dikarenakan letak geografisnya.  Pada akhir November angin musiman yang dingin menerpa Jepang yang menyebabkan hujan dan salju khususnya di daerah bagian barat Jepang. Daerah Hokuriku (Prefektur Fukui, Ishikawa, Toyama, dan Niigata) yang terpisah dengan bagian lainnya oleh pegunungan dan dikenal sering hujan salju deras ketika musim dingin. Apabila terjadi hujan salju yang deras, maka memungkinkan daerah-daerah itu tertutupi salju hingga setebal 2-3 meter, ketinggian yang cukup untuk menutupi atap rumah. Suhu di pulau Hokaido, pulau yang terletak paling timur di Jepang dan memang sudah dingin sepanjang tahun akibat letak astronomisnya, bertambah dingin di musim ini. Rata-rata suhunya dapat mencapai -4 derajat Celcius. Hal ini mengakibatkan tidak jarang terjadi badai salju di daerah ini. Berbeda dengan daerah-daerah di Jepang yang mengahadap lautan pasifik, pada musim dingin suhu relatif lebih ringan, Misalnya di Tokyo yang rata-rata suhunya sekitar  derajat Celcius.
OdenDi Jepang, musim dingin merupakan saat yang tepat untuk menikmati makanan khas yakni Oden. Oden  adalah sejenis sup yang berisi macam-macam didalamnya seperti bakso, ikan, telur rebus, lobak (daikon) dan konnyaku. Oden biasanya dimasak di dalam mangkuk berukuran besar dan diiletakkan di tengah meja untuk dimakan bersama-sama. Nabeyaki udon juga termasuk dalam makanan populer karena dapat menghangatkan tubuh sewaktu musim dingin. Selain udon, labu Jepang atau kabocha juga termasuk pilihan yang menarik untuk dijadikan santapan. Buah labu dipercaya berkhasiat dapat mencegah flu saat musim dingin. Kabocha sering sekali diolah lain menjadi tempura.
Musim dingin di Jepang bukan menjadi waktu untuk bermalas-malasan, namun dapat dimanfaatkan untuk diisi hal yang mengasikkan. Banyak hal yang dapat dilakukan, seperti misalnya pergi ke onsen (sumber air panas) untuk menghangatkan tubuh atau pergi bermain ski di pegunungan salju. Salju musim dingin sangat dinantikan oleh penggemar olahraga ski dan snowboard. Ski menjadi olahraga populer dibanding olahraga musim dingin lain. Setiap tahun jutaan orang menikmati olahraga ini. Tahun 1996, didapatkan data sebanyak 16,1 juta orang Jepang menganggap ski adalah olahraga favorit mereka. Jumlah pemain ski semakin bertambah hingga 4 juta orang sejak tahun 1998. Salah satu tempat bermain ski yang terkenal di Jepang berada di daerah Hakuba, Nagano. Selain ski, untuk menghabiskan waktu liburan musim dingin yang singkat, orang Jepang sering pergi menginap di penginapan tradisional ryoukan atau mishuku. Di sana disediakan onsen terbuka dimanaa mereka dapat bersantai menghangatkan badan dan menikmati pemandangan salju indah untuk melepas stress.
Onsen

Jepang memang terkenal dengan festivalnya, di musim dingin pun Jepang mengadakan beberapa festival menarik. Salah satu festival itu yakni Sapporo Yuki Matsuri yang merupakan festival musim dingin di Jepang. Setiap tahunnya festival ini berhasil menarik pengunjung lebih dari 2 juta orang, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Banyak orang ingin menyaksikan ratusan patung salju maupun pahatan es yang menghiasi di taman Odori, lapangan di Satoland, dan jalanan di Susukino. Selama 7 hari di bulan Februari festival dan pameran patung akan menghibur memanjakan mata anda. Mengenai festival ini, pertama kali diadakan tahun 1950 oleh 6 orang siswa SMA yang mengadakan lomba pahat salju kecil kecilan, karena dianggap menarik maka semakin lama banyak anak-anak yang ikut berpartisipasi. Tahun 1955 pasukan beladiri Jepang ikut meramaikan dengan membuat pahatan es raksasa yang akhirnya membuat festival ini terkenal. Tidak hanya pahatan es, namun dalam festival ini pengunjung dapat juga menikmati pertunjukan musik, kembang api, seluncur es, dan perang bola salju bersama-sama. 

Festival Salju Sapporo
Selain di Sapporo, di kota Ashikawa, Hokaido juga diselenggarakan festival di awal Februari. Meskipun tidak sebesar dan semeriah di Sapporo tetapi cukup menarik bagi pengunjung, khususnya yang tidak menyukai keramaian berlebihan. Selain pahatan es yang gemerlap di malam hari, pengunjung juga dapat menyantap ramen khas Ashikawa yang terkenal di seluruh Jepang. Bagi yang ingin menikmati musim dingin yang lebih tradisional, pengunjung dapat pergi ke festival musim dingin di Iwate. Festival yang menyatukan nuansa tradisional modern yang telah berlangsung selama ratusan tahun. Di sana pengunjung bisa melihat tarian dan mendengar musik tradisional Jepang yang dipertunjukkan di atas perahu terapung. Di tiap bagian utara Jepang hampir dapat kita jumpai festival atau perayaan musim dingin. Bahkan hingga desa-desa kecil di Hokaido, para penduduk meramaikan dengan semacam perayaan bila salju mulai menumpuk. Musim salju yang bertepatan dengan peringatan Natal dan juga Tahun Baru dapat menambah kemeriahan musim dingin di Jepang.
Festival Salju di Iwate  
Musim dingin di jepang (winter)

Winter(冬:[huyu]) adalah musim keempat di Jepang. Musim dingin ini dimulai pada bulan  Desember sampai Februari. Jepang bagian utara seperti Hokaiddo akan terjadi salju, begitu juga daerah-daerah pegunungan disekitarnya. Sedangkan di jepang bagian selatan akan merasakan cuaca yang nyaman dan hangat. Sedangan dibagian tengah, termasuk Tokyo cuacanya juga nyaman dengan hawa dingin dengan sinar matahari yang menghangatkan, namun di Jepang bagian tengah terkadang juga terjadi salju.
sculpture ice in sapporo
(Sculpture Ice) 

sculpture ice in sapporo
(Sculpture Ice)
Di jepang bagian utara, terutama di Sapporo, kita bisa menikmati salju yang melimpah. Selain itu disana juga ada berbagai macam kegiatan yang bisa kita lakukan, misalnya saja skating (itu lho yang meluncur dari gunung). Tapi, ada yang lebih penting lagi kalau berbicara mengenai musim dingin di daerah Sapporo, yaitu festival Sapporo, yang merupakan salah satu festival musim dingin terbesar di Jepang. Setiap musim dingin, sekita 2 juta orang datang ke Sapporo untuk melihat salju yang sangat indah dan pahatan es yang berjejeran sepanjang Odori Park.Selama 7 hari pada bulan Februari, Sapporo berubah menjadi taman impian musim dingin dengan saljunya.
white_illuminations_odori_park_sapporo_hokkaido_japan.jpg
(Odori Park in Sapporo, Hokaiddo)
 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © reza avril blog - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -