sistem terdistribusi

Popular Post

Posted by : reitza haikal Thursday, October 9, 2014

Sistem Terdistribusi
            Sistem terdistribusi adalah suatu kesatuan dari elemen-elemen yang saling berinteraksi secara sistematis dan teratur untuk mendistribusikan data, informasi, obyek dan layanan dari dan kepada pengguna yang terkait didalamnya.

Karakteristik Sistem Distribusi
a, Resource Access and Sharing
            Kemampuan menggunakan hardware, software atau data dimanapun dan kapanpun. Karakteristik ini juga yang menentukan siapa saja yang dapat mengakses sebuah resource dalam sebuah sistem terdistribusi. Salah satu contohnya dalam sebuah web, terdapat .htaccess yang hanya dapat diakses oleh user-user yang telah memiliki grant access terhadap file tersebut.

b. Openness (Keterbukaan)
            Sebuah keterbukaan dalam sistem terdistribusi memiliki pengertian kemampuan sebuah sistem dalam mengembangkan fleksibilitas terhadap peningkatan kinerja sebuah sistem. Seperti penambahan module baru dan ketersediaan extension / plugin yang dapat terkoneksi dengan sistem lain. Contoh karakteristik ini misalkan sebuah aplikasi web banking yang dapat terhubung dengan sistem web milik perusahaan finance.

c. Concurrency
            Semua proses dalam sistem terdistribusi dilakukan secara concurrency (secara bersama-sama). Hal ini dilakukan untuk mencegah inkonsistensi dan ketidak valid an sebuah data dan proses. Sebagai contoh dalam sebuah aplikasi web yang diakses oleh banyak user. Ketika server melakukan sebuah update. Maka semua user yang mengakses halaman web tersebut akan langsung mendapatkan update terbaru tersebut.

d. Scalability
            Skalabilitas memiliki pengertian bahwa sebuah sistem terdistribusi harus dapat ditingkatkan kinerjanya tanpa mengubah komponen-komponen di dalamnya. Sebagai contoh, sebuah aplikasi web yang digunakan oleh user yang terlalu banyak. Maka untuk meningkatkan kinerja dari web tersebut agar tidak terjadi overload atau system down maka perlu dilakukan upgrade processor dan ram. Dalam proses upgrading tersebut, komponen dalam web tidak perlu diubah.

e. Fault Tolerance (Toleransi Kesalahan)
            Kesalahan pasti terjadi dalam sebuah sistem. Entah itu disebabkan karena masalah jaringan, power supply, bencana alam atau human error. Sebuah sistem terdistribusi dirancang memliki kemampuan untuk menangani hal-hal tersebut. Contoh dalam hal ini adalah dibangunnya sebuah clustering server. Dimana ketika server utama mengalami down karena beberapa penyebab kesalahan, maka extended server langsung membackup sistem utama dan menggantikannya.

f. Transparency
            Secara umum, transparansi disini tidak berlaku untuk user biasa yang mengutamakan fungsionalitas, apakah ia sedang menggunakan sistem yang terdistribusi atau tidak. Namun secara khusus bagi seorang pengelola baik itu developer atau administrator sistem sangat perlu untuk mengetahui arsitektur dari sistem yang sedang digunakan karena untuk mempermudah bagi mereka dalam mengembangkan dan memelihara sistem tersebut.

Model Sistem Distribusi
a. Model client-server
- Client, proses akses data, melakukan operasi pada komputer lain.
- Server, proses mengatur data, proses mengatur resources, proses komputasi.
- Interaksi, invocation/result.


 b. Model Multiple Server
- Service disediakan beberapa server, contohnya sebuah situs yang dijalankan sebuah server
- Server menggunakan replikasi atau database terdistribusi


c. Model Proxy Server
- Proxy server membuat duplikasi beberapa server yang diakses oleh client
- Catching:
a. Penyimpanan lokal untuk item yang sering diakses
b. Meningkatkan kinerja
c.  Mengurangi beban server


d. Model Peer to Peer
- Dimana sistem dapat berfungsi sebagai client atau server.


Refrensi:
http://orida-orida.blogspot.com/2013/03/model-perancangan-sistem-distribusi.html
http://ariesprayoga.wordpress.com/2014/03/11/karakteristik-sistem-terdistribusi
http://damaraaaa.wordpress.com/2013/03/12/definisi-dan-contoh-sistem-terdistribusi/

{ 1 comments... read them below or add one }

- Copyright © reza avril blog - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -